> Ramadan Ceria - TrubusID Raih Berkah Penuh Keceriaan

Ini Cara Mudik Aman dengan Sepeda Motor Ala Polda Metro Jaya

TrubusRamadan
Astri Sofyanti | Followers
06 Juni 2018   11:24

Trubus.id -- Libur Lebaran 2018 sebentar lagi akan tiba. Warga melakukan tradisi mudik setiap tahun menyambut Idul Fitri untuk berkumpul bersama keluarga yang berada di kampung halaman. Cara mudik setiap orang pun berbeda-beda, ada yang memilih menggunakan perjalanan darat, udara ataupun laut.

Meski begitu, banyak pemudik yang memutuskan menggunakan jalur darat dengan sepeda motor.

Bagaimana cara mudik menggunakan sepeda motor yang aman? Polda Metro Jaya memiliki tips mudik aman dengan sepeda motor.

Baca Lainnya : Hindari Makanan Asin dan Manis Saat Sahur, Ini Alasannya

Petugas Polda Metro Jaya mengingatkan cara aman mudik menggunakan sepeda motor, antara lain tidak menambah "aksesoris" seperti kayu panjang pada bagian belakang.

"Jangan menambah aksesoris, artinya ada tambahan kayu panjang dikasih barang bawaan itu sangat berbahaya untuk keselamatan lalu lintas," jelas Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, di Jakarta, Tabu (6/6).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau pemudik memeriksa dan melengkapi kendaraan roda empat dan roda dua yang dipakai, serta pengemudi menjaga kondisi fisik atau memanfaatkan tempat istirahat di beberapa lokasi yang telah tersedia.

Baca Lainnya : Kesempatan Detoksifikasi, Perhatikan Asupan Makanan Sehat Selama Bulan Puasa

"Jangan memaksakan untuk berangkat terus agar cepat sampai tujuan, tapi berhentilah jika menemukan rest area untuk istirahat," ujar Argo.

Argo juga mengatakan selama musim mudik Lebaran, banyak rest area yang disediakan dan bisa digunakan untuk tempat istirahat pemudik.

Pihaknya menegaskan, terdapat beberapa rest area di sepanjang jalan yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya akan ditempatkan sejumlah anggota kepolisian tidak berseragam resmi.

Baca Lainnya : Cegah Kalap Saat Buka Puasa, Ini 5 Triknya

Selain itu, menurutnya keberadaan anggota tidak berseragam itu untuk memeriksa dan mengatur keluar-masuk kendaraan milik pemudik yang ada di rest area.

"Jadi tidak semua pemudik tidur di rest area, tapi diatur untuk menjaga barang bawaan," tutupnya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait