> Ramadan Ceria - TrubusID Raih Berkah Penuh Keceriaan

Antisipasi Arus Mudik, Bekasi Sulap Minimarket Jadi Rest Area

TrubusRamadan
Ihsan Maulana | Followers
06 Juni 2018   10:37

Trubus.id -- Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, saat ini telah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh pemilik usaha minimarket, khususnya yang ada di jalur lintasan mudik Lebaran 2018 untuk membuka layanan selama 24 jam.

"Mengingat ada potensi kelelahan dari para pengemudi, khususnya sepeda motor dari arah Jakarta dan Tangerang, maka harus dibuat 'rest area'. Makanya kami minta minimarket buka 24 jam untuk keperluan tersebut," ujar Pelaksana Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi, Aryo W, Selasa (5/6).

Aryo menjelaskan, lahan fasos/fasum yang dimiliki pemerintah daerah di lintasan mudik Kota Bekasi, saat ini kondisinya kurang memadai untuk difungsikan sebagai rest area pemudik. Seperti luasan yang terbatas dan belum dilengkapi fasilitas penerangan berikut toilet.

Baca Lainnya: Hadapi Lebaran YLKI Perketat Pengawasan Penjualan Produk Pangan

Untuk mengatasi hal itu, maka salah satu strateginya yaitu meminta peran pengusaha minimarket untuk membuka layanannya selama 24 jam, terhitung dari H-7 hingga H-1 Lebaran. Terutama lahan area parkir bisa dimanfaatkan sebagai rest area mini bagi pemudik.

"Kami segera menyebarluaskan surat imbauan ini kepada seluruh minimarket di seluruh koridor mudik Kota Bekasi untuk buka 24 jam dan menyiapkan lahannya untuk tempat istirahat," sambungnya. Pihaknya juga akan mengirim permintaan yang sama kepada pihak SPBU.

Sejumlah personel Dishub juga akan disigakan di jalur mudik, untuk memastikan tidak ada pemudik yang parkir di bahu jalan, karena akan mempersempit jalan dan membuat kemacetan. "Tidak boleh ada parkir on street," tegasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait