> Ramadan Ceria - TrubusID Raih Berkah Penuh Keceriaan

BBPOM Manado, Temukan Takjil Mengandung Boraks di Pasar Tradisional

TrubusRamadan
Ihsan Maulana | Followers
31 Mei 2018   16:50

Trubus.id -- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, baru-baru ini menemukan jajanan takjil mengandung boraks. Temuan itu diperoleh saat petugas menggelar sidak di pasar tradisional Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (31/5).

"Kami temukan kue panekuk yang biasa dijadikan makanan takjil berbuka puasa di Pasar Bersehati Manado mengandung boraks," ujar Kepala BBPOM Manado, Rustyawati seusai sidak pasar tradisonal di Manado.

Baca Lainnya : BPOM Kepri Temukan Takjil Mengandung Zat Berbahaya di Bazar Ramadan

Tidak hanya itu, pihaknya juga menemukan makanan bakso yang menggunakan boraks, di Pasar Pinasungkulan Manado. Makanan tersebut segera diamankan karena tidak layak edar. Ia menegaskan, barang bukti tersebut saat ini sudah disita dan tidak bisa dijual lagi ke masyarakat.

"Sekali lagi, dengan tegas kami mengimbau kepada penjual agar jangan menggunakan boraks dalam produk pangan karena sangat berbahaya," imbuhnya.

Ia menambahkan, melalui inspensi mendadak (sidak) yang dilakukan Pemprov Sulut bersama bank Indonesia (BI) dan instansi terkait lain ini, BBPOM sedikitnya mengambil 60 sampel makanan dan ditemukan terdapat dua jenis yang mengandung formalin.

Baca Lainnya : Hasil Uji Lab, BBPOM Bandung Temukan Takjil Berformalin

"Sementara untuk mie basah sudah negatif penggunaan boraks," tandasnya.

Selama bulan suci Ramadan, ia menyatakan pihaknya akan lebih intens melakukan pengawasan dan pemeriksaan semua bahan pangan di Sulut. Terutama di pasar tradisional maupun pasar swalayan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait