> Ramadan Ceria - TrubusID Raih Berkah Penuh Keceriaan

Tips Tidur Cukup Selama Ramadan

TrubusRamadan
Ayu Setyowati | Followers
31 Mei 2018   16:34

Trubus.id -- Kebanyakan orang merasa tidurnya kurang cukup selama bulan Ramadan. Lalu, bagaimana cara agar tidur cukup selama bulan Ramadan? Dikutip dari thenational.ae, berikut cara yang bisa kamu lakukan!

Kate Bridle, seorang ahli dari London Sleep Centre Dubai mengatakan jika rutinitas tidur yang terganggu dapat memengaruhi kinerja di siang hari, menyebabkan perubahan mood hingga meningkatkan risiko cedera.

“Tidak hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh, penting bagi kita untuk mendapatkan tidur berkualitas,” jelas Kate.

Kekurangan tidur, menurut Kate, akan menyebabkan kelelahan, kewalahan, dan mudah emosi. Selain itu, kurang tidur dapat memengaruhi hormon dalam tubuh yang mengendalikan nafsu makan.

“Ketika kita kurang tidur, nafsu makan menjadi meningkat dan membuat puasa selama Ramadan malah terasa lebih sulit,” tambahnya.

Agar tidur berkualitas dan cukup selama bulan Ramadan, berikut tips dari Kate Bridle

Kuantitas Tidur

Cobalah untuk mendapatkan waktu tidur yang sama dengan waktu tidur saat sedang tidak berpuasa. Biasanya, kebanyakan orang tidur pada malam hari selama 7 hingga 8 jam. Namun, selama Ramadan, waktu tidur ini bisa saja berkurang. Cobalah menutupi waktu tidurmu yang hilang dengan cara-cara berikut ini.

  • Buatlah rencana waktu tidur yang mungkin bisa diterapkan selama bulan Ramadan. Bisa dilakukan dengan tidur lebih awal dari biasanya. Cobalah atur waktumu untuk segera tidur setelah salat tarawih, kira-kira jam 9 malam dan tidur lagi setelah sahur selama 1 hingga 2 jam. Jika kamu tidak bisa tidur setelah sahur, cobalah untuk 'mencuri' waktu untuk tidur selama waktu istirahat di kantor. Kamu bisa tidur sekitar setengah hingga 1 jam.
  • Jika kamu merasa energimu masih terasa melemah selama bekerja, cobalah untuk tidur siang. Carilah tempat yang tenang dan jangan lupa untuk mengatur alarm agar terbangun tepat waktu dan pekerjaanmu tak terbengkalai.

Kualitas Tidur

Mempertahankan kuantitas sama pentingnya dengan mempertahankan kualitas tidur. Nah, agar dapat tidur berkualitas selama bulan Ramadan ini, kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini.

  • Pastikan suasana tempat kamu tidur tenang dan gelap. Kalau bisa, pakai masker mata untuk tidur agar kamu dapat mudah terlelap dan tidur dengan nyenyak.
  • Pola makan juga penting memengaruhi kualitas tidur. Banyak orang mengonsumsi makanan berat, kalori dan gula yang tinggi saat berbuka puasa. Namun, makanan seperti itu justru dapat mengganggu kualitas tidurmu.
  • Hindari makanan yang sangat pedas. Buat kamu yang suka sekali makanan pedas saat berpuasa, sepertinya harus menghentikan kebiasaan ini untuk sementara waktu. Pasalnya, makanan yang sangat pedas ini menyebabkan gas serta mulas, dan membuat tidurmu pun menjadi terganggu pada malam hari.
  • Hindari makanan yang digoreng. Makanan yang mengandung lemak tidak dapat diproses oleh hati sehingga membuat makanan tersebut justru tersimpan sebagai jaringan lemak. Makanan ini dapat menyebabkan tidurmu pun jadi terganggu.
  • Hindari mengonsumsi kopi dan produk yang mengandung kafein. Sebagian orang mungkin masih bisa tetap tidur meski mengonsumsi kopi. Meski kopi tidak berpengaruh pada sebagian orang, tetapi tetap saja kualitas tidur dapat terganggu.
  • Hindari makanan olahan yang tinggi sodium. Makanan olahan yang asin dan tinggi sodium akan menyebabkan kamu dehidrasi yang membuatmu haus dan terbangun untuk minum. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait