> Ramadan Ceria - TrubusID Raih Berkah Penuh Keceriaan

Tips Puasa Sehat untuk Si Kecil

TrubusRamadan
Ayu Setyowati | Followers
31 Mei 2018   14:45

Trubus.id -- Meski kebiasaan menjalankan puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib bagi setiap umat muslim yang sudah dewasa, namun tidak sedikit orangtua yang mulai mengajarkan anak-anaknya untuk menjalani ibadah puasa ini.

Tujuannya, tentu untuk mempersiapkan mental anak agar saat tiba waktunya mereka wajib berpuasa, mereka sudah bisa menjalankannya dengan lancar.

Nah, apa saja yang harus dipersiapkan oleh orangtua agar puasa pertama anak-anak berjalan lancar dan kesehatan si kecil tetap terjaga baik? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh anak saat berpuasa?

Pola makan serta pola tidur yang berubah selama puasa, sangat rentan membuat daya tahan tubuh atau sistem imun menurun. Jika imunitas sudah menurun, tubuh akan berisiko terserang berbagai penyakit.

Nah, risiko ini tentu akan meningkat jika dialami oleh anak-anak, mengingat sistem imunitas tubuh anak belum sesempurna orang dewasa. Enggak mau dong, kalau niatnya ingin melatih si kecil berpuasa, tapi justru membuatnya terserang penyakit? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua nih, agar daya tahan tubuh si kecil bisa tetap terjaga selama ia menjalankan puasa.

1. Usahakan agar anak tidur lebih cepat

Aktivitas yang padat tentu akan memengaruhi daya tahan tubuh si kecil. Ditambah lagi dengan kewajiban berpuasa yang harus dijalaninya. Pastikan agar anak memiliki waktu tidur yang cukup. Usahakan agar ia tidur lebih cepat dari biasanya, mengingat dia harus bangun lebih pagi untuk melakukan sahur saat puasa. Istirahat atau tidur dengan waktu yang cukup dapat mengembalikan stamina serta daya tahan tubuh si Kecil.

2. Jangan lewatkan waktu sahur

Waktu sahur tampaknya akan menjadi momen terberat bagi anak saat berpuasa. Berikan penjelasan pada si kecil mengenai betapa pentingnya makan di waktu sahur. Katakan padanya bahwa dengan bersahur, ia akan memiliki cukup energi untuk bermain dan melakukan aktivitas selama puasa seharian nanti.

3. Kurangi aktivitas yang terlalu melelahkan

Umumnya, anak-anak senang melakukan kegiatan yang sangat menguras tenaga. Mulai dari melompat, memanjat, hingga berlarian. Coba batasi sedikit aktivitas ini selama ia menjalankan puasa. Tawarkan kegiatan lain yang tidak terlalu menguras energi tapi tetap menyenangkan bagi si kecil, seperti membaca buku, menggambar, atau bermain lego.

4. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Nutrisi sangat dibutuhkan saat kita berpuasa, terlebih bagi anak-anak. Makanan yang bernutrisi akan membuat daya tahan tubuh si kecil tetap terjaga baik sehingga dapat menghindarkannya dari berbagai penyakit. Untuk itu, pastikan dia memperoleh semua nutrisi tersebut, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air dalam menu sahur dan berbukanya. Usahakan juga untuk tidak menyajikan makanan-makanan yang terlalu berlemak seperti goreng-gorengan, dan juga junk food selama anak berpuasa.

5. Berikan produk peningkat sistem imun tubuh

Terakhir, untuk memastikan agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga selama berpuasa, jika perlu berikan produk peningkat sistem imun tubuh, yang bekerja memperbaiki sistem imun dengan mengoptimalkan produksi antibodi dalam tubuh. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait