> Ramadan Ceria - TrubusID Raih Berkah Penuh Keceriaan

Selain Nastar, Ini Dia 4 Kue Kering Ikonik Saat Lebaran

TrubusRamadan
Ayu Setyowati | Followers
30 Mei 2018   16:59

Trubus.id -- Trubus.id -- Everybody loves cookies! Saat lebaran, kue kering selalu menjadi suguhan nikmat saat hari raya. Jika Trubus Mania memperhatikan, ada 5 jenis kue kering yang tak pernah absen jadi suguhan nikmat sebagai teman kumpul keluarga saat lebaran. Teksturnya yang renyah dengan rasa gurih dan manis, juga sangat cocok jadi camilan ketika minum teh atau kopi.

1. Nastar

Foto: Notepam.

Nastar selalu hadir dalam sajian kue kering saat lebaran. Adonan kuenya dibentuk bulat dengan isian selai nanas. Nastar dibuat dengan beberapa variasi, ada yang ditambahkan dengan cengkeh ataupun keju parut.

Tak hanya berbentuk bulat, variasi nastar ada yang berbentuk seperti mini pie, menyerupai daun atau buah. Bahkan, ada pula yang dibentuk silinder berisi selai nanas di tengahnya. Kue yang sudah ada sejak zaman Belanda ini berasal dari ananas tartjes karena isinya selai nanas.

2. Kasstengels

Disebut juga dengan kue batang keju, kaastengels identik dengan rasa gurih dari keju dan tekstur yang renyah. Dibuat dari bahan dasar tepung, butter dan campuran keju, rasanya gurih nikmat. Ada empat jenis keju tua yang bisa dipakai dalam adonan kaastengels yaitu edam, parmesan, natural, dan gouda.

Kaastengels tetap jadi juara kue kering Lebaran. Pertama karena rasanya gurih enak, kedua karena bentuk dan campuran bahannya juga beragam. Ada yang dibentuk segi empat dan memakai paduan oatmeal atau emping yang dihaluskan.

3. Lidah Kucing

Foto: Herworld.

Kue kering yang satu ini jadi favorit banyak orang. Teksturnya tipis dengan rasa manis yang enak. Dibuat dengan campuran butter, gula halus, tepung terigu, susu, dan putih telur. Rasa manisnya yang enak, paling pas disantap bersama dengan teh atau kopi.

Nama kue ini berasal dari bahasa Belanda yakni kattetong alias lidah kucing karena bentuknya memanjang tipis mirip lidah kucing. Variasinya juga beragam, ada rasa matcha, cokelat, keju dan ditaburi dengan aneka kacang-kacangan. Konon, kue ini dibuat untuk memanfaatkan sisa putih telur saat membuat kue dengan banyak kuning telur seperti lapis legit dan lapis surabaya.

4. Putri Salju

Cookies klasik yang satu ini adalah perpaduan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kacang mete bubuk. Kue yang bertekstur lembut ini disajikan dengan taburan gula putih bubuk. Karena itulah kue ini dinamakan putri salju. Lantaran berbentuk bulan sabit, banyak orang menduga kue ini merupakan adaptasi kue sejenis dari Timur Tengah. Meskipun dibuat tanpa telur, rasanya tetap gurih dan lezat.

5. Semprit Keju

Kue kering seperti semprit sagu keju punya cita rasa yang unik. Agar lebih gurih, bisa ditambahkan dengan dua jenis keju yaitu keju edam parut dan keju cheddar parut. Kemudian dibentuk seperti bunga mawar besar menggunakan pipping bag dengan spout di ujungnya. Konon, kue ini hasil perpaduan dengan kue lokal yakni semprit kanji. Hanya saja kini dipakai paduan keju parut agar lebih kaya cita rasanya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait