> Ramadan Ceria - TrubusID Raih Berkah Penuh Keceriaan

Bubur Kanjir Rumbi, Makanan Berbuka Puasa Khas Masjid Raya Aceh Sepakat

TrubusRamadan
Reza Perdana | Followers
28 Mei 2018   11:54

Trubus.id -- Selama bulan suci Ramadan, Masjid Raya Aceh Sepakat di Jalan Mangkara, Nomor 2, Kota Medan, Sumatera Utara, menyediakan menu buka puasa bagi masyarakat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Dari sekian banyak menu berbuka, ada menu khas yang menjadi sajian utama jika berbuka di masjid ini. Menu itu adalah Kanji Rumbi, bubur tradisional dari daerah Aceh.

Baca Lainnya : Kenikmatan Bubur Sup Masjid Raya Al-Mashun Jadi Incaran Saat Berbuka Puasa

Selain itu, pihak panitia juga menyediakan makanan utama seperti nasi yang biasa disajikan dengan lauk berupa kari daging, yang juga merupakan menu wajib buka puasa di Masjid Raya Aceh Sepakat, serta makanan ringan lainnya.

Masyarakat sekitar Kota Medan, berbuka puasa di Masjid Raya Aceh Sepakat dengan menu utama bubur Kanji Rubi khas Aceh. (Foto: Trubus.id/ Reza Perdana) 

Ketua Panitia Penyelenggara, Pabiet Yahya mengatakan, setiap harinya jamaah yang datang berjumlah sekitar 800 hingga 1.000 orang. Meraka datang dari berbagai wilayah di Kota Medan, dan daerah lain. Ia menyebut, jumlah ini biasanya akan bertambah hingga 1.300 orang pada waktu akhir pekan.

Untuk menyelenggarakan kegiatan ini, pihak pengurus masjid dibantu oleh sekitar 70-an orang partisipan, bekerja membantu menyiapkan buka puasa.

"Setiap hari kami membuat sebanyak 25 Kilogram beras untuk bubur kanji rumbi, yang nantinya pada jam empat sore sebagian dari bubur yang kita masak akan dibagikan kepada masyarakat yang datang ke sini, untuk dibawa pulang dan sebagian lagi dimakan untuk buka puasa di sini," kata Pabiet, Senin (28/5).

Pabiet juga mengatakan, meski namanya Masjid Raya Aceh Sepakat, namun fasilitas yang disediakan terbuka untuk setiap masyarakat muslim pada umumnya, dan tidak hanya terbatas bagi masyarakat Aceh saja.

"Bahkan bila diperkirakan, masyarakat Aceh sendiri yang datang untuk buka puasa itu sekitar 5 persen saja dari jamaah yang hadir," ucapnya.

Baca Lainnya : Pakat, Makanan Khas Mandailing yang Jadi Primadona Saat Ramadan Tiba

Hal itu menurut Pabiet, dikarenakan masyarakat Aceh yang tersebar di Kota Medan, juga terdapat beberapa cabang komunitas masyarakat yang rata-rata memiliki masjid-masjid sendiri pada setiap cabang komunitas, dan pada umumnya di setiap masjid juga menyelenggarakan buka puasa bersama.

"Di medan ini saja ada beberapa cabang di dalam kota, jadi mereka juga buat sendiri buka bersama di masjid-masjid di daerah mereka, makanya warga Aceh sendiri tidak terlalu banyak yang buka puasa ke sini," Pabiet menjelaskan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait